Jenis-jenis Pupuk Organik Berdasarkan Asal Bahannya

Posted on Updated on

jenis pupuk

Peranan bahan organik sangat besar dalam meningkatkan kesuburan tanah, dan akan menentukan produktivitas tanah. Peranan bahan organik tidak hanya berperan dalam penyediaan hara tanaman saja, namun yang jauh lebih penting terhadap perbaikan sifat fisik, biologi dan sifat kimia tanah lainnya seperti terhadap pH tanah, kapasiatas pertukaran kation dan anion tanah, daya sangga tanah dan netralisasi unsur meracun seperti Fe, Al, Mn dan logam berat lainnya termasuk netralisasi terhadap insektisida. Berkaitan dengan kesuburan fisika tanah, bahan organik berperan dalam memperbaiki struktur tanah melaui agregasi dan aerasi tanah, memperbaiki kapasitas menahan air, mempermudah pengolahan tanah dan meningkatkan ketahanan tanah terhadap erosi. Pengaruh terhadap biologi tanah, bahan organik berperan meningkatkan aktivitas mikrobia dalam tanah dan dari hasil aktivitas mikrobia pula akan terlepas berbagai zat pengatur tumbuh (auxin), dan vitamin yang akan berdampak positip bagi pertumbuhan tanaman.

 

Jenis-jenis pupuk organik berdasarkan asal bahannya:

  • Pupuk kandang adalah pupuk yang berasal dari kotoran ternak baik berupa kotoran padat (feses) yang bercampur sisa makanan maupun kotoran cair (urine).
  • Pupuk kompos adalah pupuk yang berasal dari proses pelapukan bahan-bahan yang berupa dedaunan, jerami, alang-alang, rumput, kotoran hewan, sampah organik dan lain-lain.
  • Pupuk hijau adalah pupuk yang berasal dari hijauan, yaitu bagian-bagian dari tanaman seperti daun, tangkai dan batang tanaman yang masih muda.
  • Humus adalah sisa tumbuhan berupa daun, akar, cabang yang sudah membusuk secara alami dengan bantuan mikroba (di dalam tanah) dan cuaca (di atas tanah), misalnya lapisan atastanah di hutan.
  • Kotoran burung liar (guano) adalah pupuk yang berasal dari kotoran burung liar, yang paling terkenal kotoran kelelawar.

Dari keseluruhan bahan-bahan berguna tersebut, Anda bisa memanfaatkan Ragi Kompos untuk mendekomposisikan bahan-bahan berguna tersebut menjadi Pupuk Organik. Ramu dengan komposisi-komposisi bahan lainnya untuk memperoleh bahan yang berfungsi dan berguna lebih. Ikuti tips-tips saya berikutnya untuk dapat meramu pupuk organik berfungsi guna lebih.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s