Jenis Jenis Wortel

Posted on Updated on

Jenis-jenis wortel tentunya berbeda dan beragam, sesuai dengan iklim dan kelembaban tanah di berbagai Negara. Tanaman ini tergolong dalam jenis sayuran yang biasanya berbentuk panjang, silinder, kerucut berakar, dan bewarna orange. Namun, Anda juga dapat menemukan bentuk wortel berukuran pendek dan memiliki warna ungu dan putih.

Wortel merupakan salah satu jenis sayuran yang digemari banyak orang, karena memiliki rasa yang manis. Hal ini dikarenakan wortel memiliki kandungan gula yang tinggi, serat, dan menjadi sumber yang baik dari karoten. Selain itu, wortel merupakan sumber yang baik, seperti kalium, kalsium, magnesium, vitamin A, dan asam folat.

Biasanya wortel dikonsumsi dengan cara dimasak dan mentah, tergantung kesenangan yang mengonsumsinya. Wortel mentah biasanya dikonsumsi sebagai cemilan atau sebagai bahan utama salad sayuran, atau dikonsumsi dengan cara dibuat sebagai jus sayuran. Bagi yang senang mengkonsumsi dengan cara dimasak, biasanya wortel dicampurkan kedalam sop daging dan lainnya.

Jenis-jenis wortel, merupakan jenis sayuran yang tidak memiliki banyak ragam. Untuk penggolongan, jenis wortel dibedakan menjadi 3 golongan, yaitu :

 

Imperator
Jenis wortel imperator memiliki bentuk bulat dan panjang. Selain itu golongan wortel ini sedikit tipis, meruncing seperti kerucut dan memiliki warna oranye. Jenis wortel ini kurang disukai oleh banyak orang, karena memiliki rasa yang kurang manis.

Chantenay
Wortel yang memiliki bentuk tebal, meruncing dengan ujung yang tumpul serta panjang sekitar 5 inci. Jenis wortel chantenay memiliki rasa yang manis, sehingga banyak disukai. Namun, wortel ini memilik tekstur yang lebih kasar dibandingkan jenis wortel lainnya. Biasanya, jenis wortel ini sering dimasak dengan potongan berbentuk dadu.

Nantes
Jenis wortel nantes merupakan gabungan antara wortel berjenis Imperator dan chantenay. Wortel ini memiliki ukuran yang sedang, berwarna oranye gelap, tumpul, dan berdiameter sama dari atas hingga bawah. Jenis wortel nates ini memiliki kandungan air yang lebih tinggi dari wortel lainnya, sehingga rasa manis wortel jenis ini akan berkurang jika dimasak.

Nah, dari beberapa jenis-jenis wortel tersebut tentunya memiliki manfaat yang baik untuk kesehatan. Banyak cara untuk mengonsumsi sayuran satu ini, seperti mengaplikasikannya dengan roti sebagai sandwich. Memilih roti tawar dari Sharon Bread merupakan pilihan yang tepat untuk mengonsumsinya saat sarapan bersama keluarga.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s