Kenapa Sayuran Berwarna Hijau?

Posted on Updated on

Sayuran HijauHai sobat indoagraris, kali ini saya akan membahas artikel mengenai sayuran. Yup setiap kali mendengar kata sayuran pasti langsung terbayang warnanya yang hijau dan segar. Kenapa sih sayuran berwarna hijau?

Menurut penelitian para ahli biologi, warna hijau pada sayuran disebabkan oleh kandungan suatu zat. Zat yang menyebabkan warna hijau dinamakan klorofil. Klorofil adalah pigmen dari tanaman yang terdapat di dalam kloroplas.

 

Mengenal Klorofil Lebih Jauh

klorofil
klorofil (dilihat pada microskop)

Klorofil atau yang biasa dikenal dengan zat hijau daun, sama seperti namanya, merupakan kandungan yang menyebabkan warna hijau pada tanaman. Apa yang dilakukan klorofil? Klorofil ini akan menyerap energi dari matahari untuk memfasilitasi berlangsungnya proses fotosintesis pada tumbuhan. Klorofil ini sama seperti darah pada manusia. Zat ini sangat berperan dalam fungsi metabolisme seperti pertumbuhan dan respirasi tumbuhan.

Tahukah kamu? komposisi kimia klorofil hampir sama dengan komposisi darah manusia. Bedanya, atom sentral klorofil adalah magnesium sedang atom sentral manusia adalah besi. Hal ini, ditambah dengan pentingnya klorofil dalam proses metabolisme tumbuhan menarik perhatian ilmuwan untuk mencaritahu kemungkinan apakah klorofil bisa mendatangkan manfaat yang sama pula pada manusia. Hasilnya, banyak penelitian yang telah menemukan manfaat klorofil bagi kesehatan manusia.

Selain mengadung klorofil, sayuran yang berwarna hijau biasanya mengandung asam alegat yang berfungsi untuk menghambat sel kanker, selain itu Lutein yang terbungkus didalam kantong pigmen hijau daun bisa bantu menangkis degenerasi makula, Antioksidan yang mampu menangkal radikal bebas serta mampu melindungi tubuh dari reaksi oksidatif yang menghasilkan racun di tubuh, dan Kalium berfungsi untuk menormalkan tekanan darah. Yang tak kalah penting, kandungan serat yang terdapat di dalam sayuran dapat mencegah panas dalam, dan melancarkan BAB.

Contoh sayuran berwarna hijau. brokoli, sawi, bayam, kangkung, kol, dll. Ada lagi contoh yang lainnya? Yuk bisa dilanjutkan sendiri🙂

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s