Jenis Jenis Kangkung

Posted on Updated on

kangkungKangkung merupakan salah satu sayuran yang paling sering kita jumpai, pada kesempatan kali ini saya akan membahas jenis/varietas dari kangkung. Ipomoea Spp adalah nama ilmiah dari kangkung (water spinach). Tumbuhan ini banyak tumbuh pada daerah yang beriklim tropis. Contohnya Indonesia, Thailand, dan Malaysia. Tempat / media tanam untuk tumbuhan kangkung bisa dengan air, dan tanah. Maka dari itu jenis kangkung terbagi menjadi dua, yakni kangkung darat dan kangkung air.

Kangkung Darat

Nama lain dari kangkung darat ialah Ipomoea Reptans. Kangkung ini banyak kita jumpai di pasar tradisional. Kita bisa melihat langsung pada akar kangkung, warna akar kangkung darat agak coklat dan kotor karena kangkung jenis ini tumbuh di tanah (darat).

Ciri-ciri kangkung darat :

  • Berwarna hijau terang
  • Ujung Daun Runcing
  • Bunga kangkung berwarna kuning cerah

Bagi kamu yang ingin melakukan budidaya kangkung darat dapat dilakukan baik didataran rendah maupun dataran tinggi. Untuk bisa tumbuh dan berkembang dengan baik, budidaya kangkung darat harus mendapatkan curah hujan dan sinar matahari yang cukup. Kangkung darat bisa diperbanyak dengan bibit dan stek. Masa tanam kangkung darat memakan waktu selama kurang lebih 4 bulan. Dan untuk kangkung darat cara memanen cukup dengan dicabut saja.

Kangkung Air

Ipomoea aquatic adalah nama ilmiah dari kangkung air. Dinamakan kangkung air karena habitat kangkung ini di daerah perairan dan rawa. Kangkung biasanya tumbuh liar (secara alami) di sawah, parit tepi sungai atau bahkan di parit. Maka dari itu tumbuhan ini termasuk jenis tumbuhan hidrofit yang akarnya tertanam didasar air.

Ciri-ciri kangkung air:

  • Kangkung berwarna hijau agak gelap
  • Ujung daun agak tumpul
  • Bunga kangkung berwarna agak ungu.

Kangkung air diduga memiliki mengandung komponen bioaktif yang sangat berguna bagi tubuh. Kangkung telah banyak dimanfaatkan sebagai obat tradisional di kalangan masyarakat, namun masih belum cukup informasi untuk menjelaskan hal-hal tersebut secara ilmiah.

Sekian artikel kali ini yang membahas tentang jenis kangkung, untuk membedakan kangkung darat dan kangkung air dengan memperhatikan pada pada bentuk daun dan warna bunganya saja. Karena bagian ini sangat mencolok perbedaannya.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s