Ini dia, HYDROGEL Si media tanam TANPA TANAH

Posted on Updated on

Bertani tanpa lahan (tanah) itu bukan isapan jempol, tapi telah menjadi sebuah kenyataan. Beberapa tahun terakhir dunia pertanian maju selangkah lagi dengan ditemukan sebuah media tanam tanpa tanah yang disebut hydrogel. Media ini berupa kristal-kristal polimer yang digunakan sebagai media bagi tanaman hidroponik.

Bagi penggemar tanaman hias, ini berita bagus. Hampir semua jenis tanaman indoor bisa menggunakan media ini. Misalnya, philodendron dan anthurium. Namun, hydrogel kurang cocok untuk tanaman hias berakar keras seperti adenium atau tanaman bonsai, karena pertumbuhan akarnya mengeras sehingga bisa membuat vas pecah.

Penggunaan media ini sangat praktis dan efisien. Keanekaragaman warna kristal polimer itu berpadu dengan hijaunya warna tanaman memancarkan daya tarik tersendiri. Penempatan hidrogel pada pot transparan, mengesankan tanaman terawat dengan baik, lebi indah. Pantulann warna hidrogel menambah eksotiknya warna tanaman.

Dibanding media tanah, menggunakan hidrogel lebih bersih, dan lebih penting lagi pemilik tanah tak perlu terlalu banyak buang-buang waktu untuk menyiram tanaman, seperti halnya media tanah. Sebab, hidrogel memiliki daya serap air hingga 100 kali lipat darii bobotnya, sehingga kebutuhan air pada tanaman bisa bertahan berbulan-bulan.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s