Cara Mudah Budidaya jamur Tiram

Posted on Updated on

Anda pemula? Jangan kuwatir ada cara mudah dan praktis Budidaya Jamur Tiram. Dalam budidaya jamur tiram yang profesional tentu banyak proses yang panjang. Diantaranya, pembibitan, f1 ,f2, dll yang tentunya Anda belum faham betul tentang proses tsb. Sambil menunggu anda memahami proses-proses menjadi petani jamur yang profesional alangkah baiknya anda berbudidaya dengan praktis, Anda cukup membeli baglog, dan sudah bisa jadi petani jamur.

Baglog merupakan tahap paling akhir dari proses pembibitan sebelum jamur di panen.. baglog adalah istilah untuk media jamur kayu yang terdiri dari serbuk gergaji, tepung tapioka, bekatul /dedak dan kapur dll. Baglog ini sudah terinokulasi (diberi) bibit sehingga anda tidak perlu repot meracik media, sterilisasi dan menanam bibitnya. Baglog telah penuh ditutupi miselium/bibit jamur, ketika plastik baglog dibuka atau dilubangi, jamur akan tumbuh, selanjutnya anda tinggal merawatnya,dan menanti saatnya panen..

Keuntungan budidaya dengan baglog diantaranya:

  1. Praktis, karena Anda membeli proses akhirnya saja (siap tanam/produksi).
  2. Tidak perlu banyak pekerja untuk pembuatan, atau proses tahapan dari awal sampai menghasilkan.
  3. Anda dapat merawatnya seorang diri, jadi anda belum harus menggaji pekerja, kecuali anda budidaya dengan jumlah baglog yang sangat banyak.
  4. Anda bisa memanfaatkan fasilitas yang anda punya, rumah kosong, saung yang lumayan ukurannya dan sejenisnya, untuk dijadikan kumbung/tempat budidaya, jadi tidak perlu,membangun tempat-tempat khusus, untuk proses pembuatan dan pembibitan.
  5. Tidak perlu lahan yang luas, Anda hanya perlu menyediakan untuk proses produksi, cukup kumbung dengan ruang produksi saja.
  6. Cocok sekali untuk di daerah yang lahannya sempit untuk semua proses produksi.
  7. Bisa membuat agrowisata jamur (wisatawan petik jamur sendiri), ini ide bagus untuk anda yang ingin berbisnis skala besar.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s