Alat Pertanian Modern Dan Fungsinya

Posted on Updated on

Di zaman serba canggih sekarang ini ternyata berdampak juga terhadap pertanian. Jadi, bicara teknologi modern tidak hanya bicara soal gadget dan sebagainya. Ini dibuktikan dari penggunaan alat pertanian modern untuk mengolah tanah guna menghasilkan.

Sekarang penggunaan alat pertanian juga tidak lagi menggunakan alat-alat pertanian tradisional tetapi sudah berkembang ke alat pertanian modern. Beberapa macam alat pertanian modern tersebut adalah sebagai berikut:

Bajak Piringan (Disk Plow)
Kalau dulu yang digunakan sebagai bajak adalah hewan, nah sekarang manusia telah bertransformasi menggunakan bajak piringan atau disk plow. Namun, khususnya bajak piringan ini cocok untuk lahan yang erosinya besar.

Bajak putar (rotary plow)
Bajak ini cocok digunakan untuk tanah kering dan tanah sawah. Bajak ini bisa menghasilkan tanah gembur yang lebih halus.

Bajak Pahat (Chisel Plow)
Bajak mirip pahat ini berfungsi untuk merobek dan menembus tanah. Untuk menembus tanah yang lebih dalam biasanya digunakan bajak pahat yang lebih berat lagi yakni sub-soil plow yang mampu mencapai kedalaman tanah hingga 90 cm.

Mesin Reaper Padi
Kalau dulu untuk memotong dan melempar rumpun padi menggunakan sabit, maka sekarang sudah menggunakan mesin reaper padi. Dengan begitu, pekerjaan menjadi lebih cepat dan tidak membutuhkan banyak pekerja.

Mesin Binder Padi
Mesin binder lebih canggih lagi ketimbang mesin reaper padi. Mesin ini tidak hanya berfungsi untuk memotong padi tetapi juga mengikat dan melemparnya. Harganya memang lebih mahal namun kapasitas kerja lebih baik.

Mesin Mini Combine
Berbeda lagi dengan kedua jenis mesin sebelumnya, mesin mini combine berfungsi lebih lagi hingga mengarungkan dan gabah nya (biji-biji padi) ditinggal di tempat pengeringan.

Mesin Combine
Mesin combine sama dengan mesin mini combine dalam hal prinsip kerja. Namun yang berbeda adalah kontruksi nya yang jauh lebih besar. Biasanya mesin ini digunakan oleh perusahaan-perusahaan besar agar efisiensi kerja jauh lebih optimal.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s