BEDA KOPI INSTAN DENGAN KOPI HITAM

Posted on Updated on

Menurut kesimpulan orang yang bukan coffee analyst,  bukan food expert,  bukan ahli minuman apalagi praktisi kesehatan,  tapi yang sudah berkali-kali nyicipi minuman legendaris yang bernama kopi,  dan tulisan ini bukan untuk menceritakan efek negatif dan positifnya minum kopi, baik dan buruknya terutama dari sisi kesehatan, kecuali sedikit saja.  Tulisan ini hanya salah satu sarana untuk menyampaikan hak menilai konsumen/pemakai sebagai feedback untuk produsen.

Dengan berprinsip

“SAYA KURANG TAU APA YANG ORANG LAIN LEBIH TAU,  SAYA MUNGKIN TAU APA YANG ORANG LAIN MUNGKIN BELUM TAU”

Maka perbedaannya :

KOPI HITAM (original Coffee, Black Coffee, ada juga 1 merk yang berlabel classic) :  Untuk menyajikannya agak ribet,  harus dicampur dengan gula putih (manual mix),  resiko, kalau campurannya kurang pas jadi nggak enak,  karena kopi hitam tersebut masih terasa pahit, kecuali yang hobi minum kopi pahit karena alasan tertentu. Dari aromanya, cukup khas menyengat meski kita baru menyeduhnya dan belum meminumnya.  Maksudnya khas, aroma seperti itu cuma kopi original yang punya, bukan minuman lain. Walaupun aromanya tercium khas menyengat, tapi cairan kopi hitam di lidah terasa “tipis”, pengertian tipis di sini bisa lebih encer, kecuali dicampur dengan susu kental manis (ya pasti jadi lebih kental kan?) atau kecuali takarannya 7 sendok makan untuk satu cangkir (saya belum pernah coba sih..). Dalam pengertian lain, 1 sendok makan kopi hitam dibanding 1 sendok makan kopi instan, berbeda kadar kekentalannya. Kopi hitam rasanya tidak gurih, tidak ada kontaminasi unsur lain kecuali gula, jadi benar-benar sentuhan rasa khas kopi, original. Namun meski kopi hitam terasa tipis di lidah,  tapi bisa lebih lengket dan tajam di mulut, ini yang menyebabkan sebagian orang yang alergi manis-manis di mulut, efeknya jadi timbul sariawan. Kopi hitam yang belum diseduh, masih dalam bentuk bubuk, jika tidak dipakai dalam waktu agak lama, nggak banyak berubah rasanya. Kopi hitam atau original ukuran sachetnya lebih besar, harga jelas lebih mahal. Ada 1 merk kopi hitam/original, jika sudah dikeluarkan dari sachetnya lama kelamaan jadi beku/lengket seperti permen.

KOPI INSTAN (COFFEEMIX) :  Kopi yang jika diseduh cairannya berwarna coklat muda ini untuk menyajikannya cukup langsung diseduh dengan air panas,  karena gulanya sudah termasuk dalam sachetnya, ada juga sih satu merk yang memakai “additif” lain, dalam satu sachet kecil yang menempel di sachet besarnya, mungkin sebagai “pewangi”, biasanya disebut Capucino atau..istilah Italia lain, (saya lupa).  Aroma kopi instan kurang begitu menyengat, tapi di lidah terasa agak gurih dan cenderung lebih kental dibanding kopi hitam,  mungkin karena ada kandungan yang disebut Creamer atau zat yang lainnya.  Meski kental di lidah tapi kopi instan tidak lengket dan untuk orang yang mulutnya sensitif dengan yang manis-manis,  kemungkinannya kecil terkena sariawan di mulut.  Kopi instan jika didiamkan agak lama (beberapa hari), misalnya terlalu lama di minimarket, nggak laku-laku tapi masih dipajang juga, dalam kondisi belum diseduh air panas, sepertinya unsur creamernya atau zat yang lainnya tadi, jadi hilang atau berkurang. Maka kalau diseduh, cairannya terasa lebih encer, dan aroma kopi aslinya jadi lebih terasa. Tapi bagi yang biasa minum kopi instan, jadi terasa kurang enak. Kopi instan ini ada beberapa macam, ada yang campur susu (3in1), ada yang beraroma mocca, ada yang mengandung ginseng, jahe dll. Ada yang meninggalkan ampas kopinya, ada yang bersih tanpa ampas.

Demikian perbedaan kopi instan dan kopi hitam, semoga bermanfaat🙂

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s