Jenis-Jenis Buah Tomat Yang Harus Diketahui

Posted on Updated on

Buah tomat adalah buah yang paling popular di dunia. Kurang lebih 60 juta ton tomat diproduksi per tahun untuk digunakan dalam berbagai hal. Buah ini kaya akan vitamin A, C, dan serat, selain itu juga bebas kolesterol. Bahkan, penelitian medis terbaru menunjukkan bahwa konsumsi lycopene (zat-zat berwarna merah pada tomat) dapat mencegah kanker.

Lycopene adalah bagian dari pigmen yang disebut karotenoid, senyawa alami yang menciptakan warna buah-buahan dan sayuran. Sebagai contoh, beta karoten merupakan pigmen oranye pada wortel. Seperti dengan asam amino esensial, mereka tidak diproduksi oleh tubuh manusia.

Melihat begitu pentingnya buah tomat, penting juga mengetahui jenis-jenis buah ini. Yuk kita lihat beberapa jenis buah yang biasa disapa orang Perancis “apel cinta” dan “apel surga” bagi orang Jerman.

  1. Amazon Chocolate Tomato
    Buah ini memiliki kulit dan daging sangat gelap. Tidak mudah untuk menemukannya karena sangat langka. Rasa dari buah ini manis hampir seperti anggur. Buah ini lebih baik di antara yang terbaik dari antara tomat hitam yang lainnya.
  2. Ananas Noir
    Buah tomat jenis ini jika matang akan berwarna hitam-kuning-merah bercampur. Rasa dari buah ini mirip seperti jeruk yang lezat. Kebanyakan orang sangat menyukainya. Kehebatan buah ini bisa tumbuh dengan berat sekitar 1-1,5 kilogram.
  3. Banana Legs Tomato
    Buah tomat ini unik karena bentuknya yang lonjong. Dengan sedikit titik-titik di bagian ujungnya, buah ini popular dijadikan salad. Jika matang, buah akan berwarna kuning keemasan.
  4. Big Beef Tomato
    Big Beef Tomato merupakan salah satu jenis yang umum dan mudah dijumpai di kebun-kebun rumah. Buahnya matang akan berwarna merah, dan sering dibuat minuman jus untuk dikosumsi. Salah satu keunggulannya, buah ini tahan terhadap penyakit.
  5. Black Plum Tomato
    Tomat jenis Black Plum Tomato cukup kuat dan tumbuh di daerah yang panas dan memiliki iklim kering. Hal ini yang mengakibatkan jika matang buah ini akan berwarna merah yang gelap. Rasa buah ini asam.dan berasal dari Rusia.
  6. Carbon Tomat
    Carbon Tomat memiliki rasa yang manis dan memiliki cirri khas yang sangat baik untuk masalah rasa. Selalu konsisten dengan kemanisannya. Apabila matang buah ini akan berwarna merah tua dengan sedikit hitam. Dan isi di dalamnya atau dagingnya berwarna merah gelap. Buah ini banyak dikembangkan di Amerika Serikat.
  7. Early Girl Tomato
    Buah tomat untuk jenis Early Girl Tomato sangat baik jika ditanam di udara berkabut dan dingin. Dalam itungan hari, kurang lebih 50 hari buah sudah bisa dipanen. Buah yang masak akan berwarna merah terang. Rasanya asam dan manis. Buah ini berasal dari Amerika Serikat.
  8. Gold Nugget Tomato
    Tomat ini seperti buah cerry yang kecil. Buah ini matang dengan warna kuning keemasan. Rasa dari buah adalah manis dengan asam sedikit. Buah ini terkadang ada beberapa biji yang matangnya mendahului yang lainnya.
  9. Green Zebra Tomato
    Bentuknya yang seperti binatang zebra, sehingga namanya Green Zebra Tomato. Dengan warna hijau berbintik kuning dan bergaris juga memiliki rasa yang konsisten asam-manis. The Zebra Hijau biasa digunakan dalam salad untuk rasa mild asam dan manis campuran.
  10. Jersey Devil Tomato
    Bentuknya yang mirip dengan cabai menjadi daya tarik tersendiri. Buah tomat untuk jenis Jersey Devil Tomato ini menjadi favorit para pecinta tomat. Oleh karenanya buah ini sangat terkenal sampai sekarang. Selain itu, buah ini juga terkenal bijinya yang sedikit.
  11. Negro Azteca Tomato
    Tomat ini termasuk jenis yang langka. Bentuknya indah seperti ceri hitam, dan rasanya sangat manis seperti anggur. Tetapi sayang buah tomat ini jarang dibudidayakan. Biasanya tanaman yang berukuran sedang sampai besar, daunnya berukuran standar.
  12. Opalka Tomato
    Tomat ini cukup besar dan memiliki daging yang cukup banyak. Di dalam daging tersebut terdapat beberapa biji. Rasanya manis dan baik. Buah ini tumbuh pada tanaman yang kuat, dengan hasil biasanya dalam kelompok tiga sampai enam.

    Buah tomat ini sebenarnya memiliki varietas atau jenis yang begitu banyak. Dengan bentuk, rasa, dan penanaman yang berbeda-beda. Beberapa contoh di atas adalah penjelsan-penjelas aneka jenis tomat. Penjelasan-penjelasan di atas diharapkan dapat membantu pemahaman dan pengetahun tentang berbagai macam tomat yang ada.

  13. Momotaro Tomato
    Warna dari tomat ini kebanyakan adalah merah muda. Untuk rasanya, tomat ini memiliki rasa sangat manis dan rasa sedikit asam. Tanaman buah ini bisa digunakan sebagai penyembuh penyakit kanker. Momotaro cukup populer di Jepang.
  14. Zapotec Pink Ribbed Tomato
    Tomat ini memiliki bentuk yang besar besar dengan garis-garis. Warna daging dari tomat ini merah muda atau merah cerah. Karena warna dan bentuk yang indah, tomat ini biasa ditanam di kebun untuk menghiasi kebun. Asal muasalanya dari negara Meksiko.
  15. Taxi Tomato
    Tomat ini apabila matang akan berwarna kuning terang dan indah. Rasa cukup standar seperti tomat-tomat yang kebanyakan. Kebanyakan petani memilih taxii karena produksinya cukup seragam dan banyak. Daging dari buah ini berwarna kuning.
  16. Big Sungold Tomato
    Buah tomat ini seperti buah jeruk buah jeruk yang memiliki warna terang. Rasanya manis yang sangat juicy. Buah ini juga memiliki ukuran lebih besar dari Sun Gold. Tanaman ini bisa menanggung berat dari buah, sehingga cukup kokoh.

Nah, itulah 16 jenis tomat yang ada, beserta manfaat dan keunggulannya masing masing. Tunggu apa lagi, yuk segera konsumsi tomat mulai sekarang. Selain lezat, ternyata buah tomat juga berguna bagi tubuh kita lho!

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s