Jangan Buang Ampas Kopi Anda

Posted on Updated on

Ampas Kopi

Setiap harinya, masyarakat di dunia mengkonsumsi bercangkir-cangkir kopi. Namun, banyak yang tidak tahu jika ampas kopi berguna bagi kebun dan tanaman di sekitar Anda. Sehingga akhirnya ampas kopi tersebut hanya dijadikan limbah.

Tahukah Anda, ampas kopi dapat dimanfaatkan sebagai pupuk organik bagi tanaman Anda?

Ampas kopi merupakan pupuk oranik yang ekonomis dan ramah lingkungan. Tetapi, ampas kopi tidak cocok dijadikan sebagai pupuk bagi tanaman anggrek dan kaktus.

Ampas kopi mampu menambah asupan Nitrogen, Fosfor, dan Potassium (NPK) yang dibutuhkan oleh tanaman sehingga tanaman tumbuh dengan sehat. Ampas kopi dapat ditebarkan di halaman rumah, kebun, taman, dan pot, sehingga dapat mengeluarkan zat pelan-pelan. Selain itu, ampas kopi mengandung magnesium, sulfur, dan kalsium yang berguna bagi pertumbuhan tanaman.

Anda dapat menggunakan ampas kopi sebelum media tanam basah setelah disiram atau dibasahi hujan. Hal tersebut menyebabkan pelepasan nitrogen yang lambat ke dalam tanah. Pelepasan nitrogen secara cepat membahayakan, sama halnya dengan membakar otot daun dan tanaman mati. Nitrogen merupakan elemen paling penting untuk pertumbuhan tanaman dan dibutuhkan dalam jumlah yang banyak. Hal ini penting bagi klorofil di tanaman membuat proses fotosistesis dan warna hijau memungkinkan untuk tanaman. Tanaman yang kekurangan nitrogen menunjukan pertumbuhan yang terhambat dan daun yang kekuningan. Kekurangan nitrogen menyebabkan masalah, kebanyakan nitrogen juga menyebabkan masalah.

Jika ada banyak nitrogen, hal tersebut akan menyebabkan tanaman tumbuh dengan batang yang lemah. Kualitas menghasilkan buah seperti peach dan apel akan lebih rendah dan kandungan gula pada buah seperti beetroot akan rendah. Di samping itu, hal tersebut akan menyebabkan akumulasi nitrat dalam daun tanaman yang dapat dimakan. Mencerna makanan seperti makanan tinggi nitrat dapat menyebabkan resiko pada kesehatan hewan dan manusia.

Walaupun jumlah nitrogen sangat banyak di atmosfer, tanaman tidak mampu menggunakannya secara langsung, kecuali diproses secara alami di tanah. Oleh karena itu, dengan menambahkan ampas kopi ke tanah menghasilkan pelepasan rendah nitrogen. Hal tersebut sama seperti menambahkan pupuk ke tanah.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s